Google

JIKA ANDA SUNGGUH-SUNGGUH INGIN KAYA (HOW TO GET RICH)

Kata kuncinya: MILIKI BISNIS SENDIRI.

Tak jadi soal apakah anda memulainya dengan modal dengkul alias dari nol yang penting ada keberanian untuk memulai dan secara konsisten memperjuangkannya.
Bisnis dalam arti seluas-luasnya telah membuktikan bisa membuat orang kaya. Lihat: 40 ORANG TERKAYA DI INDONESIA. Dari mulai bisnis Jasa, Manufacturing, Properti, Komoditi dll hingga BISNIS ONLINE. Pelajari disini.

Namun bagi pebisnis pemula....................

Ingat, bisnis merupakan salah satu cara untuk menghasilkan arus kas (cash flow) yang cepat. Brad Sugars menekankan bagi pebisnis pemula untuk fokus sebagai Cash Generator dan jangan banyak-banyak investasi di asset terlebih dahulu.

Cash Flow ibarat aliran dalam tubuh, kalau alirannya lancar maka pertumbuhan tubuh akan kuat. Sementara kalau kita buru-buru investasi di aset sama saja tubuh kita cepat besar tapi aliran darah sangat sedikit, akibatnya akan lemas dan mudah pingsan. Kalau Cash Flow sudah berlimpahan baru kita investasi di Asset.

Nah, HOW TO GET RICH......?????

Robert T. Kyosaki dalam bukunya yang jadi best seller versi New York Times "Rich Dad Poor Dad" menguraikan dasar pemikirannya: Bahwa jabatan, karir, maupun kepandaian, tidak bisa menjamin seseorang menjadi kaya. Itu sebabnya, menurut Kyosaki, konsep pendidikan yang menekankan bahwa "anak sekolah harus pintar" harus diubah secara total. Hal ini agar kita tidak terkurung dalam rat race kehidupan yang tak cerdas.

Alasan Utama orang bersusah payah secara finansial adalah karena mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun di sekolah, tetapi tidak belajar apapun mengenai uang. Hasilnya adalah orang bekerja untuk mendapatkan uang, tetapi tidak pernah belajar agar uang bekerja untuk mereka.
Kiat yang dapat diaplikasikan untuk menjadi orang kaya

1. Orang kaya tidak bekerja untuk uang.
Ini bisa jadi cara yang efektif untuk menghindari kemiskinan. Sebab, kata Kyosaki, orang miskin tidak memiliki kebebasan finansial dalam hidupnya. Penghasilannya selalu habis untuk membiayai kewajibannya.

2. Penguasaan atas empat konsep bisnis.
Yaitu pemasukan, pengeluaran, neraca asset, dan liabillities.

3. Anjuran untuk memulai bisnis sendiri sebagai jalan awal menuju kekayaan.

4. "Orang kaya menciptakan uang.
Disini Kyosaki membahas ihwal "Kecerdasan Finansial" orang kaya dalam mengelola uang. Kecerdasan itu antara lain, dapat membedakan good and bad liabillities, good and bad debt, good and bad expenses, dan good and bad risk.

5. Bekerja untuk belajar, jangan bekerja untuk uang.
Ajaran ini terkait dengan perubahan paradigma era informasi, dari Shool Smart ke School Smart and Street Smart. Artinya, Selain diperlukan kecerdasan akademis, untuk jadi orang kaya dibutuhkan juga "ilmu jalanan" yang tidak didapat di bangku sekolah. Dapatkan disini

Selanjutnya...............

Ada tiga hal yang menurut Kyosaki dapat dilakukan untuk mempertahankan bisnis kita, yaitu dengan menyumbangkan kecerdasan, pengalaman, dan uang anda pada pihak-pihak yang membutuhkan. Yang juga penting adalah bagaimana kita mengarahkan kekuatan diri sendiri untuk membangun sesuatu. Kyosaki menjelaskan bahwa semuanya berpulang pada seberapa keras usaha dan kontrol diri anda.

Selamat menjadi pebisnis. Keberanian untuk memulai adalah langkah kecil untuk menjadi besar.








Tidak ada komentar: